Cara Membuat Perangkap Tikus Dengan Botol Bekas Mudah

Membuat Perangkap Tikus dengan Botol Bekas

Tikus adalah binatang pengerat yang sering kita jumpai dirumah-rumah. Sering juga kita jumpai kabel, perabotan rumah yang di gigitin tikus. Selain itu, tikus juga berbahaya karena membawa penyakit pes yang bisa menular ke manusia melalui gigitan, air kencing, kotoran, dll. Berbagai cara untuk memberantas tikus sudah dicoba, bahkan biayanya tidak sedikit. Jangan khawatir disini akan diulas mengenai membuat perangkap tikus sederhana. Perangkap tikus ini menggunakan bahan dari botol bekas minuman.

perangkap tikus

“Mengapa Menggunakan Botol Minuman Bekas?

Karena botol bekas sering dibuang begitu saja tanpa di manfaatkan. Selain mengurangi sampah, juga bermanfaat untuk membuat perangkap tikus.

“Bagaimana Sistem Kerja Perangkap Tikus Ini?

Dengan system umpan, dan jika umpan dimakan otomatis pintu akan menutup dan tikus tidak bisa keluar.


“Bisa Digunakan Berapa Kali Pemakain Perangkap Tikus Ini?

Perangkap ini bisa digunakan beberapa kali penangkapan asalkan kita cuci dengan air sabun atau jeruk. Karena tikus member tanda bahaya dengan bau, sehingga tikus yang lain tidak akan mendekati lagi jika tidak dicuci.

Pertanyaan yang lain bisa ditanyakan di kotak komentar bawah postingan ini. Sebelum bertanya alangkah baiknya kita simak cara membuat perangkap tikus dengan botol bekas. Bahan yang harus disediakan antara lain :Botol bekas, KaretTali atau benang, Kawat atau kayu, Paper clip, Cutter, Obeng

Selanjutnya Cara Membuat Perangkap Tikus :

Gambar 1
Botol bekas yang akan dibuat, tutup botolnya sampai rapat. Potong kira-kira 3/4 bagian jangan sampai patah. Sisakan bagian atas sebagai engsel pintu.

Gambar 2 
Selanjutnya buat lubang sisi kanan dan kiri yang sama. Buat 2 lubang antara 2 belahan. Kemudian sisipkan kawat atau kayu. Kemudian kaitkan antar kayu atau kawat dengan karet agar bisa otomatis tertutup pintunya.

Gambar 3
Bagian bawah botol yang atas dibuat lubang untuk menaruh paper clip

Gambar 4
Ikat bagian tutup botol dengan tali dan sesuaikan panjang tali saat pintu perangkap dibuka. Untuk bagian ujung tali di buat ikatan yang ada lubangnya untuk menarik paper clip

Gambar 5 
Bengkokan paper clip untuk menaruh umpan. Ujung yang lain kita masukkan kelubang bagian bawah botol dan dimasukkan ke tali agar pintu terbuka untuk proses pemasangan perangkap tikus  

Kalau sudah jadi, maka siap untuk digunakan untuk menangkap tikus. Cara ini sukses 99% untuk menangkap tikus. Usahakan karet untuk menutup pintu yang kuat supaya tikus tidak bisa terlepas. Untuk paper clipnya, usahakan sobat membuatnya agar mudah terlepas dengan tali, tapi juga bisa menahan umpan untuk tikus. Untuk hasil akhir perangkapnya seperti ini :

Hasil akhir
Usahakan menempatkan perangkap di tempat akses jalan yang sering dilalui tikus. Taruh dengan menempel dinding dan jangan tepat disudut antar dinding. Untuk lebih efektif gunakan perangkap lebih dari satu. Umpan yang sering dimakan tikus kelapa bakar. Setelah perangkap digunakan jagan lupa dicuci agar bisa kita gunakan lagi untuk menangkap tikus. Selamat Mencoba.

4 Responses to "Cara Membuat Perangkap Tikus Dengan Botol Bekas Mudah"

  1. unik baru tahu ini ada perangkap tikus kek gini, kapan2 dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba. semoga dirumah tidak ada tikus lagi

      Delete
  2. keren gan, simple dan mudah dipahami, gk perlu susah susah lagi buat beli jebakan tikus.. heheheh
    izin coba tutorialnya gan, jangan lupa mampir diblog saya juga ya gan, di https://olang-bobega.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. tikus di rumah saya lumayan banyak, ada yg di atap ada yang di balik bopet pintu min, tapi biar lah, kadang tercebur ke kolam bak air untuk cuci piring mati kelelep :v
    Kalo mimin gasibuk mampir juga kemari
    Android Aplikasi
    Kumpulan Game PPSSPP Terbaru 2016
    http://www.android-aplikasi.com/2016/04/hot-kumpulan-game-ppsspp-for-android.html

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *