Instalasi Sanitasi Kesling
Kesehatan Lingkungan merupakan keseimbangan manusia dan lingkungannya supaya tercapai kondisi
sehat dan nyaman. Upaya kesehatan lingkungan dapat dilakukan kegiatan pengamatan, pengawasan, pengendalian, serta pengelolaan faktor-faktor lingkngan dapat menyebabkan penyakit/gangguan kesehatan pada
manusia.
ENVIHSA |
Instalasi Sanitasi Kesling RS XXXX terbentuk sesuai SK Direktur_______________ untuk melakukan pengelolaan dan pengawasan kes ling sesuai Kepmenkes 1204/Menkes/SK/X/2004 Tentang Persyaratan
Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit
Visi
Terwujudnya lingkungan RS XXXX yang sehat, aman, nyaman, dan ramah lingkungan sesuai dengan persyaratan kesehatan lingkungan.
Misi
- Selalu
memelihara higiene sanitasi
- Mewujudkan lingkungan
yang nyaman
- Meningkatkan mutu pelayanan di bidang kesehatan
lingkungan untuk masyarakat rumah sakit
Moto
Lingkungan
sehat, adalah idaman
Pelayanan
- Pengolahan Limbah
- Penyehatan Bangunan
- Laundry
- Pengelolaan Limbah Cair
- Sterilisasi
- Penyehatan Makanan Minuman
- Penyediaan Air Bersih
- Pest Control
Sistem Pelayanan Sanitasi
·
Pro Aktif Supervisi
·
Memenuhi Permintaan Layanan Secara
Langsung
·
Memenuhi Permintaan Layanan Via
Telpon / Hp
Jenis Pekerjaan
·
Teknik – Ilmu Terapan & Administrasi
·
Pekerjaan Rutin Harian
·
Insidental :
o
Ada Kasus
o
Permintaan User
o
Kerusakan /Trouble
·
Program
Sarana dan Prasarana
- TPS
B3
- Penampungan
Limbah
- Fasilitas
sanitasi di bangsal perawatan
- WC pasien dan Kamar Mandi pasien: 20 buah
- WC dan Kamar Mandi pegawai : 1 buah
- Wastafel : 4 buah
- Septictank : 3 buah - Alat
perangkap tikus
- Alat
UV Portable
- Alat
pengolah data : Komputer
PENGOLAHAN Limbah
Meliputi pengolahan bermacam jenis
sampah, yaitu:
- Infeksius
Sampah sisa kegiatan medis misalnya alat suntik, obat, botol infus, dll dikerjasamakan dengan pihak ke 3 - Domestik
Sampah umum lainnya misalnya plastik, daun, kertas, dll. Sampah domestik dipisahkan antara sampah pengunjung dengan sampah taman kebun (organik).
PENYEHATAN BANGUNAN
Perawatan fisik meliputi seluruh
sarana dan prasarana fisik Rumah Sakit yaitu:
- Taman
Meliputi zona lingkungan RS, pembersihan seluruh halaman RS, serta pemeliharaan taman seluruh RS - Ruangan
Berupa kegiatan membersihkan ruang, lantai, kotoran/muntahan pasien, lawa-lawa, kamar mandi. Prosedur mengacu pada standar kebersihan RS. Sebagian unit kegiatan pembersihan dilaksanakan oleh cleaning service.
LAUNDRY
- Pengambilan
dari tiap ruang/bangsal setiap pagi
- Pemilahan
linen kotor, infeksius dan non infeksius
- Pencucian
dipisah antara infeksius dan non infeksius
- Pengeringan
+ Setrika
- Distribusi
ke tiap ruang/bangsal
- Pencatatan
Pengelolaan Limbah Cair
Limbah Cair
RS dilakukan penampungan menggunakan sepctiktank dan penampungan kedap air
STERILISASI
- Sterilisasi
Alat Kesehatan
Alat kesehatan setelah dipakai harus disterilkan. Proses sterilisasi ini dengan menggunakan autoclave. - Sterilisasi
Ruang
Untuk mensterilkan ruangan dari kuman. Pelaksanaan secara berkala dan bila ada kasus penyakit infeksi. Sterilisasi menggunakan UV portable.
Penyehatan Makanan Minuman
Dalam penyehatan makanan minuman perlu dilakukan inspeksi :.
Persyaratan:
- Persyaratan
Penjamah Makanan
- Persyaratan
Ruang Pengolahan Makanan dan Perlengkapannya
Prosedur:
- Prosedur
Pengangkutan Makanan
- Prosedur
Penyimpanan Peralatan Makanan
- Prosedur
Penyimpanan Makanan
- Prosedur
Pencucian Peralatan Makanan
PENYEDIAAN AIR BERSIH
Meliputi :
- Penyediaan
Air Bersih
Untuk memenuhi kebutuhan seluruh bagian di Rumah Sakit di suplai dari sumur bor - Pemeriksaan
Kualitas Air
Pemeriksan meliputi fisik (suhu, kekeruhan, dll), pemeriksaan bakteriologi (MPN Coli) yang dilakukan pemeriksaan minimal 1 bulan sekali.
PEST
CONTROL
Pengendalian Serangga, Tikus dan sebagainya
Pengendalian dilakukan sesuai program
kerja dan insidental secara fisik maupun kimia yang ramah lingkungan
0 Response to "Instalasi Sanitasi RS (kesling)"
Post a Comment