JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Kesehatan Lingkungan
Kesehatan Lingkungan

Petugas Kesehatan Lingkungan bertanggung jawab untuk melaksanakan langkah-langkah untuk melindungi kesehatan masyarakat, termasuk administrasi dan menegakkan undang-undang yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan dan memberikan dukungan untuk meminimalkan kesehatan dan keselamatan bahaya. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan, misalnya memeriksa fasilitas makanan, menyelidiki gangguan kesehatan masyarakat, dan melaksanakan pengendalian penyakit. petugas kesehatan lingkungan difokuskan pada pencegahan, konsultasi, penyelidikan, dan pendidikan masyarakat mengenai risiko kesehatan dan menjaga lingkungan yang aman.

Yang membawa ke posisi pemahaman tentang mikrobiologi, penilaian risiko, ilmu lingkungan dan teknologi, ilmu pangan, serta keterampilan dan pengetahuan yang terkait dengan pelacakan dan pengendalian penyakit menular. Mereka juga harus memiliki kemampuan investigasi yang kuat dan pemahaman yang menyeluruh tentang penerapan undang-undang yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dan lingkungan. Bekerja dalam kemitraan dengan Kementerian Pemerintah (seperti Kesehatan, Pertanian dan Lingkungan), kota lokal, bisnis, kelompok masyarakat, lembaga lain dan anggota individu dari masyarakat, EHO memainkan peran utama dalam melindungi kesehatan masyarakat.
Beberapa judul masa lalu / bersejarah termasuk inspektur gangguan, sanitarian, dan inspektur sanitasi. judul lainnya yang saat ini ada termasuk kesehatan lingkungan spesialis / dokter / profesional, petugas kesehatan masyarakat, petugas kesehatan, Inspektur kesehatan, dan petugas kesehatan. judul hukum yang digunakan akan tergantung pada definisi yang ditemukan dalam undang-undang lokal / yurisdiksi.

profesional kesehatan lingkungan biasanya digunakan oleh otoritas pemerintah atau kesehatan negara setempat untuk saran dan menegakkan standar kesehatan masyarakat. Namun, banyak yang bekerja di sektor swasta dan militer.

Jobs

Berikut ini merupakan pekerjaan yang dapat ditemukan baik dalam sektor publik atau swasta:
  • Inspeksi dan penegakan layanan
  • konsultasi kesehatan lingkungan dan pendidikan
  • investigasi penyakit menular dan pengendalian wabah
  • Makanan pelatihan kursus keselamatan
  • perencanaan masyarakat
  • pembuangan limbah perencanaan (septic) sistem
  • Lantai ulasan rencana dan persetujuan
  • standar perumahan / kualitas inspeksi dan kontrol
  • pembaharuan perkotaan
  • Pengendalian hama
  • perencanaan kontingensi darurat dan pelaksanaan
  • kontrol kebisingan
  • pemantauan kualitas udara
  • Kesehatan dan keselamatan di pekerjaan inspeksi dan kontrol
  • pengujian air (water & rekreasi air minum)
  • pengendalian tembakau
  • fasilitas perawatan masyarakat perizinan
  • Bangunan publik

Identifier umum dari tenaga kesehatan lingkungan adalah bahwa mereka bertanggung jawab untuk identifikasi, evaluasi dan pengelolaan risiko terhadap kesehatan manusia dari faktor lingkungan, apakah atas nama instansi pemerintah atau masalah komersial dan industri.

Peran

Sebuah Inspektur Kesehatan Masyarakat (juga dikenal sebagai Petugas Kesehatan Lingkungan) menyelidiki bahaya kesehatan dalam berbagai macam pengaturan, dan akan mengambil tindakan untuk mengurangi atau menghilangkan bahaya. Biasanya persepsi publik dari Inspektur kesehatan adalah seseorang yang meneliti restoran dan memastikan mereka mempertahankan standar sanitasi untuk keamanan pangan yang ditetapkan oleh otoritas yang mengatur. Namun, inspektur kesehatan masyarakat memiliki tugas pekerjaan yang lebih luas, termasuk memeriksa kolam renang, kondisi perumahan di bawah standar, sekolah umum, hari peduli, rumah jompo, dan perusahaan layanan pribadi seperti tempat tato. Tergantung pada yurisdiksi mereka, Petugas Terdaftar Kesehatan Lingkungan sering izin dan memeriksa sumur, sistem air swasta, dan pembuangan limbah bawah permukaan individual (septic) sistem. Tugas lainnya termasuk: inspeksi perkemahan, inspeksi salon tanning, kecantikan inspeksi salon, inspeksi fasilitas pemasyarakatan dan inspeksi taman rumah mobil. Inspektur kesehatan masyarakat (petugas kesehatan lingkungan) juga memainkan peran penting dalam proyek-proyek komunitas seperti yang menyangkut promosi kesehatan, pengurangan tembakau, sehat dibangun lingkungan / masyarakat yang sehat, ketahanan pangan, dan kesiapan darurat.

Mereka juga dapat menanggapi keluhan seperti gigitan binatang, keluhan sampah, keluhan bau, atau overflows limbah. Karena latar belakang pendidikan mereka, mereka dapat memberikan informasi dan arahan berkaitan dengan; memimpin, radon, jamur, dan muncul penyakit seperti Virus West Nile dan Flu Burung. lapangan juga tumpang tindih dengan bahan berbahaya (Hazmat) dan banyak responden Hazmat juga Berlisensi Praktisi Kesehatan Lingkungan atau Terdaftar Kesehatan Lingkungan Spesialis.

Kondisi kerja

petugas kesehatan lingkungan bekerja dengan banyak orang yang berbeda di berbagai lingkungan. pekerjaan mereka sering melibatkan kerja lapangan yang cukup, dan beberapa sering bepergian. Banyak petugas kesehatan lingkungan bekerja berjam-jam dan sering tidak teratur. Mereka memeriksa kolam renang, pusat penitipan anak, restoran, sistem septik, dan jenis lain dari instansi yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan.
petugas kesehatan lingkungan dapat terkena banyak kondisi yang berat secara fisik sama dan bahaya sebagai karyawan industri, dan pekerjaan dapat dilakukan dalam kondisi kerja yang tidak menyenangkan, stres, dan berbahaya. Mereka mungkin menemukan diri mereka dalam peran permusuhan jika manajemen suatu organisasi tidak setuju dengan rekomendasi untuk memastikan lingkungan kerja yang aman.

Sejarah

Bidang kesehatan lingkungan dapat ditelusuri kembali ke tahun 1840-an di Inggris. Edwin Chadwick, Komisaris Hukum Miskin, dilakukan penyelidikan penyebab kemiskinan yang menyimpulkan bahwa orang sering menjadi miskin karena sakit akibat lingkungan yang buruk. Dia percaya bahwa peningkatan kebersihan adalah kunci untuk memecahkan lingkaran setan ini.
Chadwick memimpin promosi yang gencar untuk perubahan yang akhirnya menang atas pendirian, mengakibatkan Kesehatan Masyarakat Act 1848. Undang-undang yang disediakan untuk pengangkatan Inspektur dari gangguan - pelopor praktisi kesehatan lingkungan saat ini - di bidang kebutuhan.
Asosiasi Inspektur Sanitary Umum - organisasi yang menjadi Inggris Chartered Institute of Kesehatan Lingkungan - didirikan pada tahun 1883. Selama dekade berikutnya, peran praktisi kesehatan lingkungan berubah dan tumbuh, dengan standar kualifikasi meningkat sampai, di 1960, itu menjadi profesi lulusan. Pemberian Royal Charter pada tahun 1984 ditetapkan segel pada peran ini ditingkatkan dan status. Sebagai hasil dari peran berubah, judul telah berubah selama beberapa dekade dari inspektur gangguan -> sanitasi inspektur -> kesehatan masyarakat Inspektur petugas / kesehatan lingkungan (lihat Inspektur gangguan di bawah ini). Hal ini juga berlaku secara internasional, sebagai judul telah diubah untuk mencerminkan pendidikan lanjutan dan peran petugas kesehatan envivironmental hari ini.



Oleh      : Dodik
Jurusan : Kesling
Poltekkes Yogyakarta

Itu adalah gambaran jurusan kuliah kesehatan lingkungan. Bagi siapa saja yang mau memberi ulasan tentang jurusan kuliah bisa kirim disini :  Kirim Ulasan

2 Responses to "JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN"

Contact Form

Name

Email *

Message *